Sampo Buatan Sendiri

Kalau lihat televisi, kita pasti disuguhi berbagai macam iklan sampo. Modelnya cantik-cantik, rambutnya bersinar dan sepertinya bebas masalah ya? Samponya pun bermacam-macam khasiatnya, dari yang untuk mengatasi rambut kusam, ketombean sampai untuk membuat rambut kita bak dirawat oleh stylist kenamaan dunia dan tidak perlu pergi ke salon lagi. Melihat model-model berambut tebal,bersinar dan bebas masalah karena sampo yang mereka pakai, sepertinya untuk memiliki rambut indah mereka cukup beli samponya saja. Alhasil kita ramai-ramai termakan iklan dan mengeluarkan banyak uang untuk rambut indah itu…

Hair

Pertanyaannya, sudah berapa jenis sampo yang diiklankan itu yang sudah kamu coba? Berapa banyak yang akhirnya memberikan hasil sesuai yang mereka iklankan? Apakah kamu sudah tidak pernah ke salon lagi untuk merawat rambutmu itu? Kalau saya pribadi, saya akan jawab saya sudah coba semua produk perawatan rambut itu, dari yang diiklankan sampai yang tidak diiklankan, tidak satupun memberi hasil yang sesuai dengan iklannya dan saya masih harus rajin menyambangi salon untuk creambath, hairmask atau sekedar trim rambut saya karena ujung-ujungnya patah-patah dan bercabang. Maksudnya mau simpel kok jadi malah kena biaya berkali-kali lipat ya? Saya adalah termasuk perempuan yang mementingkan penampilan rambut daripada penampilan kulit wajah saya, jadi saya tidak tanggung-tanggung kalau mengeluarkan biaya untuk perawatan rambut saya yang saat ini panjangnya sudah mencapai pinggang.

Saat perawatan moderen tidak memberikan hasil yang saya harapkan, saya mulai banyak mencaritahu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah rambut saya. Saya menganggap rambut saya (atau saya sendiri) sakit dan seperti berobat ke dokter saya harus mengetahui akar masalahnya sebelum menemukan resep (solusi) untuk mengobati sakit rambut saya itu. Setelah banyak mencari dan membaca artikel akhirnya saya mengetahui bahwa produk yang selama ini saya gunakan untuk merawat rambut saya itulah yang membuat rambut saya sakit. Berikut ini saya tuliskan beberapa fakta tentang produk kosmetik rambut andalan kita semua :

1. Kandungan utama sampo kita adalah surfaktan yang fungsinya adalah membersihkan dan melarutkan minyak dan kotoran dari rambut kita. Memang fungsi utama sampo adalah untuk membersihkan rambut tetapi bahan pembersih yang ada didalam produk sampo adalah bahan detergen keras yang pada akhirnya tidak hanya membersihkan rambut dari minyak dan kotoran tapi juga membuang minyak alami rambut kita sehingga rambut kita menjadi kering dan rusak.

2. Saat kelembaban alami rambut kita dibuang oleh sampo dan rambut kita menjadi kering dan rusak, perusahaan kosmetik membuat kondisioner dengan menggunakan minyak dan bahan pelembab lain. Jadi supaya rambut kita terasa lembab, lembut dan berkilau setelah kelembaban alaminya dirusak oleh sampo yang kita pakai, kita dengan sukarela membeli perawatan tambahan berupa kondisioner. Perhatikan kompisisi kondisioner yang ada dilabelnya dan lihat, isinya tidak jauh berbeda dengan isi samponya. Jadi kita sudah merusak rambut kita 2x hanya dalam 1 kali perawatan simpel.

3. Rambut kita yang akhirnya rusak karena perawatan sehari-hari akhirnya membutuhkan perawatan lebih,lalu kita pergi ke salon untuk perawatan ekstra. Begitu seterusnya sampai akhirnya kita mencoba perawatan lain dan mengeluarkan lebih banyak uang.

 

Jadi sebetulnya jika perawatan harian kita diperbaiki maka kita tidak lagi memerlukan perawatan ekstra untuk rambut kita. Kalau sampo kita semua isinya sama, maka hasil akhirnya tetap sama. Intinya kita keramas dengan sampo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak dan kotoran tanpa membuang kelembaban dan produksi alami minyak kulit kepala kita. Setelah banyak membaca dan banyak tahu, saya memilih perawatan yang alami,mudah dan murah.

Rambut soda kue+cuka apel

Rambut soda kue+cuka apel

 

SAMPO SODA KUE dan KONDISIONER CUKA APEL

Bahan sampo:

1 sendok makan soda kue

1 cangkir teh air filter / RO / air sumur

Cara membuat dan menggunakan :

Campur 1 sendok makan soda kue kedalam 1 cangkir air, aduk sampai larut. Masukan kedalam botol bekas sampo supaya lebih mudah diaplikasikan. Basahi rambut dengan air seperti keramas biasa, tuangkan campuran soda kue dan air ke kulit kepala, gosok-gosok kurang lebih 1-2 menit. Bilas dengan air. Usahakan mengurangi frekuensi keramas Anda, apabila sebelumnya Anda keramas tiap hari, menjadi 3 hari – 1 minggu sekali saja. Terlalu sering keramas membuat rambut rapuh dan gampang patah.

Catatan :

Hindari campuran masuk ke mata, walaupun tidak beracun tapi campuran ini apabila masuk ke dalam mata akan perih sekali. Jangan gunakan air PAM atau air yang mengandung kaporit (chlorine) karena akan merusak kandungan alami soda kue dan membuat kulit kepala Anda kering.Untuk yang baru pertama kali mencoba sampo ini akan timbul reaksi berbeda-beda tergantung kondisi rambut dan kulit kepala. Pada saat saya pertama kali mencoba sampo ini kulit kepala saya gatal-gatal dan rambut saya keras seperti ijuk. Itu adalah tanda bahwa rambut dan kulit kepala saya sedang mengalami proses detoksifikasi, membuang bahan-bahan kimia yang sudah menumpuk dari pemakaian produk rambut yang menahun. Setelah 2-3 kali menggunakan sampo ini, rambut dan kulit kepala saya kembali normal.

Bahan kondisioner :

1 sendok makan cuka apel

1 cangkir air filter / RO/ air sumur

Cara membuat dan pemakaian :

Campur 1 sendok makan cuka kedalam 1 cangkir air, masukan kedalam botol spray supaya lebih  mudah menggunakannya. Semprotkan keujung rambut sampai ke tengah rambut. Saya pribadi suka menggunakannya ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala karena campuran ini juga berkhasiat untuk mengurangi gatal-gatal dikulit kepala juga ketombe. Diamkan beberapa saat, bilas sampai bersih.

Catatan :

Kondisioner ini saat digunakan akan menimbulkan bau asam cuka, tapi setelah rambut Anda kering bau cuka akan hilang sama sekali. Jika rambut Anda terasa berminyak setelah menggunakan campuran ini, kurangi takaran cuka apelnya, apabila rambut Anda membutuhkan kelembaban ekstra bisa ditambahkan takaran cuka apelnya.

 

Sampo dan kondisioner diatas saya gunakan selama 3 bulan penuh untuk membuang sisa-sisa produk perawatan rambut saya sebelumnya. Hasilnya langsung terlihat setelah sebulan pemakaian, rambut saya tumbuh panjang dan lebat tanpa ada kerontokan  sama sekali ,saat disisir pun hanya sedikit rambut yang menempel disisir dan tidak ada satupun ujung rambut saya yang bercabang. Setelah 3 bulan saya membuat sampo lain yang memberikan kelembaban ekstra, karena rambut saya panjang sekali dan setelah 3 bulan bagian bawah rambut saya terasa agak kasar walaupun tidak ada rambut yang bercabang.

 

SAMPO SANTAN

Bahan :

1/4 cangkir santan kental, usahakan menggunakan santan yang diperas langsung dari kelapa.

1/3 cangkir sabun cair

1 kapsul vitamin E, keluarkan isinya saja.

10 tetes minyak esensial peppermint / lavender / sereh

1 botol bekas sampo

Cara membuat dan pemakaian :

Campur semua bahan kedalam botol sampo bekas dan aduk rata atau kocok sampai semua bahan tercampur. Apabila ingin lebih awet,simpan didalam kulkas tetapi Vitamin E didalam sampo ini membantu memperpanjang umur sampo ini sehingga disimpan dikamar mandi pun tidak apa-apa. Gunakan seperti menggunakan sampo biasa dan apabila Anda ingin kelembaban dan kelembutan ekstra, gunakan kondisoner cuka apel sehabis menggunakan sampo ini.

 

Akhir kata, saya pribadi lebih menyukai kondisi rambut saya sekarang, bebas dari bahan kimia berbahaya dan lebih sehat. Saya sudah bebas dari sampo dan perawatan rambut komersial lainnya sejak bulan September 2013. Jika Anda ingin rambut yang lebih sehat, hal yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan mengganti sampo Anda.

 

Selamat mencoba!

 

 

Leave a Reply

