Sabun buatan sendiri

Sabun Mandi Buatan Sendiri

Sabun Mandi Buatan Sendiri

Sebenarnya, proyek satu ini yang akhirnya menjadi alasan saya membuat blog saturak. Tapi lucunya, baru sekarang saya ingat kalau justru proyek pertama ini belum pernah saya tuliskan disini. alasan lain kenapa saya belum pernah menuliskan artikel tentang membuat sabun buatan sendiri ini juga karena, tidak seperti pabrik-pabrik kosmetik, kami (saya dan adik saya) harus mencoba dulu produk buatan kami sebelum kami merekomendasikan sabun ini untuk Anda buat sendiri dirumah.

Setelah sekitar 4 kali percobaan, dengan senang hati saya katakan, tidak ada yang seenak mandi menggunakan sabun buatan sendiri. Sejak pertama kali mandi dengan sabun ini sampai hari ini, kami tidak pernah lagi memebutuhkan lotion untuk melembabkan kulit kami. Berbeda dengan sabun pabrikan yang setelah pemakaiannya membuat kulit kita terasa kering, sabun ini membersihkan kulit kita dari keringat dan kotoran tanpa mengangkat kelembaban alami kulit kita. Hasilnya selain kulit kita bersih adalah kulit kita tetap lembab dan terasa segar tanpa perlu tambahan penggunaan lotion atau pelembab kulit lainnya. Sesekali saja kalau saya merasa kulit saya butuh perlindungan dari sinar matahari yang menyengat saat keluar rumah, saya gunakan body butter buatan sendiri, spray lotion atau hanya mengoleskan virgin coconut oil ke kulit saya.

Untuk membuat sabun ini, bahan utama yang kita perlukan hanya 3 macam yaitu air, minyak dan soda api. Anda bisa mencaba mencari tahu sendiri tentang cara pembuatan sabun alami, semua artikel akan membahas tentang bahan yang sama. Tapi kenapa pakai soda api? Bukannya soda api itu bahan kimia keras yang digunakan untuk merontokan cat dindin dan membersihkan saluran pembuangan air? Betul, soda api adalah bahan kima keras dan bisa menimbulkan luka bakar apabila terkan kulit kita, makanya bekerja menggunakan soda api ini harus sangat hati-hati. Tetapi walaupun bahan kima keras, soda api ini pembuatannya sangat alami dan sabun tidak akan bisa dibuat tanpa soda api. Soda api dalam bahasa inggrisnya biasa disebut dengan lye atau soda ash dibuat dengan cara mengendapkan arang dari kayu keras didalam barel. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat disini. Saat soda api ini dicampurkan dengan minyak, akan terjadi proses kimia yang disebut proses saponifikasi yang nantinya akan menjadi busa pada sabun. Setelah selsesai dibuat, sabun buatan rumah ini tidak bisa langsung dipakai tetapi harus melalui proses curing atau proses pengerasan yaitu proses menunggu proses kimia saponifikasi betul-betul selesai sehingga tidak ada lagi sisa kimia soda api didalam sabun. Jadi pada hasil akhirnya nanti, sabun buatan rumah ini sudah tidak mengandung kandungan kimia soda api sehingga aman dipakai dikulit kita. Bahkan jauh lebih aman daripada sabun pabrikan yang mengandung bahan detergen tidak alami seperti sodium laureth sulfate.

Perlu diperhatikan, banyaknya soda api dalam pembuatan sabun berbeda-beda tergantung pada jenis minyak yang kita gunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabunnya. Lalu ada pula istilah superfat  dalam pembuatan sabun yang definisinya adalah mengurangi jumlah larutan soda api dalam pembuatan sabun sehingga masih ada minyak yang tidak tersaponifikasi sehingga pada hasil akhir sabunnya nanti akan ada tambahan ekstra kelembaban. Sabun yang kami buat sendiri rata-rata kami superfat 2%-5% sehingga sabunnya lembut sekali saat pemakaian. Untuk mengetahui banyaknya jumlah soda api yang diperlukan saat membuat sabun harus dihitung menggunakan lye calculator. Saya menggunakan lye calculator secara online di site ini karena kita tinggal menentukan akan menggunakan bahan dasar apa dan jenis akhir sabunnya apa. Selama ini saya selalu membuat sabun batangan (solid soap) pembuatannya lebih praktis dan alatnya sederhana sekali.

Sekarang saya akan tuliskan salah satu resep sabun alami saya yang sudah pernah saya buat dan sudah pernah saya pakai. Untuk Anda yang ingin mencoba membuat sabun ini, bisa langsung mengkur bahan-bahannya saja karena semua bahan ini sudah saya tuliskan sesuai dengan hitungan lye calculator yang saya pakai. Semua bahannya saya tuliskan menggunakan besaran gram sehingga bisa ditimbang menggunakan timbangan kue jadi lebih mudah diikuti.

Sabun Mandi Batangan

Alat dan bahan

Alat dan bahan

Bahan-bahan :

200 gr minyak zaitun

200 gr minyak kelapa

100 gr minyak beku (vegetable shortening)

74.84 gr soda api

165 gr air ( kalau bisa gunakan air filter atau air ro, jangan air minum kemasan)

Alat-alat yang dibutuhkan :

timbangan bahan kue, lebih bagus kalau digital supaya lebih akurat.

2 baskom stainless steel atau plastik PP ( plastik no.5 yang tahan panas)

sendok stainless steel

sarung tangan karet tebal

kacamata bening atau pelingdung mata lain, jangan gunakan kontak lens saat membuat sabun ini.

masker atau scarf untuk menutup hidup dan mulut

mixer elektrik

cetakan sabun, bisa gunakan apa saja yang berbahan dasar stainless steel atau plastik PP tahan panas (plastik no.5)

Cara membuat :

  1. Siapkan larutan soda api. Timbang air dan soda api diwadah terpisah. Gunakan tempat stainless steel untuk menaruh air yang suda ditimbang lalu masukan soda api sesendok kedalam air sampai larut, teruskan sampai semua soda api habis larut kedalam air. INGAT, TUANGKAN SODA API KE DALAM AIR JANGAN SEBALIKNYA. Saat soda api dilarutkan dalam air akan timbul gas tipis dan air akan menjadi panas seperti mendidih. Gunakan masker dan sarung tangan karena soda api bila terkena kulit akan menimbulkan luka melepuh. Sebagai tindakan pencegahan bisa juga disiapkan larutan 2 sendok makan cuka dicampur 1 cangkir air lalu semprotkan kebagian kulit yang terkena larutan soda api. Sisihkan dan biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan.
  2. Timbang minyak, tuangkan minyak yg sudah ditimbang ke wadah lain yang lebih besar. Cairkan minyak beku (vegetable shortening) tetapi jangan sampai mendidih lalu campurkan kedalam larutan minyak lain yang sudah ditimbang. Aduk-aduk sampai rata. Sisihkan.
  3. Saat larutan soda api mulai mendingin, baru kita mulai proses pencampuran larutan soda api dan minyak. Usahakan agar suhu larutan soda api dan campuran minyak sama atau paling tidak hanya berbeda 10 derajat celcius. Gunakan baju dengan lengan panjang dan sarung tangan agar kulit kita tidak terkena cipratan larutan soda api. Nyalakan mixer elektrik kekecepatan terendah, aduk-aduk minyak yang sudah dicampur lalu tuangkan larutan soda api kedalam larutan minyak perlahan-lahan.
  4. Setelah semua larutan soda api ditungakan kedalam larutan minyak, naikan kecepatan mixer lalu aduk terus campuran ini sampai ke tahap trace yaitu campuran berubah dari cair ke kental yang konsistensinya seperti adonan mayonaise atau lotion. Untuk adonan ini membutuhkan waktu kira-kira 30-60 menit untuk mencapai tahap trace dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi. Itu menandakan bahwa bahan-bahan semua sudah melalui proses saponifikasi.

    Tahap Trace

    Tahap Trace

  5. Pada tahap trace ini bisa kita tambahkan esensial oil sebagai pewangi sabun kita. Saya menambahkan 10-20 tetes esensial oil kenanga ke dalam adonan sabun saya. Aduk lagi adonan sabun ini kira-kira 1-2 menit untuk mencampur esensial oil agar merata.
  6. Tuangkan adonan yang sudah selesai diaduk kedalam cetakan. Saya  menggunakan cetakan roti yang dilapisi plastik tahan panas (plastik PP atau plastik no.5) untuk cetakan saya. Tepuk-tepuk cetakanagar adonan memadat dan rata keseluruh bagian cetakan. Tunggu sampai adonan mengeras, kira-kira semalaman atau 1x24jam sebelum dikeluarkan dari cetakan.

    cetakan sabun

    cetakan sabun

  7. Setelah mengeras, keluarkan sabun dari cetakan. Jangan menunggu lebih lama dari 3 hari untuk mengeluarkan sabun dari cetakan karena semakin keras sabunnya maka akan semakin susah dipotong. Potong-potong dengan besar sesuai keinginan Anda lalu taruh ditempat yang terbuka tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Saya suka menyimpan sabun yang sudah dipotong-potong dibawah rak yang saya taruh dibawah AC saya karena mempercepat proses curing sehingga sabun lebih cepat keras. Rata-rata waktu pengerasan sabun saya sampai bisa digunakan untuk mandi adalah 1 bulan, tetapi lebih lama sabun akan lebih keras dan busanya lebih banyak.

Saya lebih suka mandi menggunakan sabun cair dibandingkan dengan mandi menggunakan sabun batangan. kelemahan sabun batangan buatan sendiri ini adalah apabila kita taruh dikamar mandi dan terkena air terus, lama kelamaan sabun ini akan mencair dan larut sehingga tidak awet. Berita baiknya adalah, dari sabun batangan ini saya bisa membuat sabun cair sendiri.  Caranya mudah sekali dan walaupun hasil akhirnya lebih cair daripada sabun cair biasa tetapi jauh lebih lembut dari sabun cair pabrikan.

Sabun Mandi Cair

Bahan-bahan :

  1. 100 gr sabun batangan buatan sendiri yang sudah melalui proses curing
  2. 300 gr air filter atau RO
  3. 1 kapsul vitamin E, keluarkan isinya dari kapsul.
  4. 10 tetes esensial oil pilihan Anda

Cara pembuatan :

  1. Timbang sabun batangan lalu parut menggunakan parutan keju sampai habis semua, tempatkan parutan diwadah tahan panas.
  2. Panaskan air sampai mendidih, tuangkan air kedalam wadah berisi parutan sabun, aduk sampai semua sabun terendam air panas. Diamkan sampai larutan dingin dan sabun larut seluruhnya.
  3. Setelah larutan sabun dingin, masukan vitamin E dan esensial oil. Aduk sampai rata.
  4. Simpan kedalam wadah bekas sabun cair atau botol. Sabun siap dipakai.

Bagaimana, mudah bukan membuat sabun sendiri? Peralatannya sederhana, bahannya pun bisa dicari disekitar kita. Sabun ini bio-degradable sehingga aman untuk lingkungan kita selain bagus sekali untik kulit tubuh kita.

Selamat mencoba.

Advertisements

One thought on “Sabun buatan sendiri

  1. Pingback: Sampo Buatan Sendiri | SATURAK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s