Selai coklat vegan

Siapa suka coklat?? Banyak ya yang suka coklat. Saya juga, adik saya apalagi.

chocospread

Resep yang 1 ini berhasil bikin adik saya punya sebutan baru, chocolate vampire, karena sewaktu saya selesai membuat selai ini sisa-sisa yang masih ada dipanci di’bersih’kan sama adik saya langsung dari pancinya sampai mukanya terkena coklat (bahkan sampai hidungnya penuh coklat).

Rasanya kaya pasta coklat kesukaan saya dulu waktu masih kecil, choki-choki. Yap, saya berhasil membuat “choki-choki” saya sendiri. Resep aslinya saya contek disini, tapi waktu mencoba membuat sesuai resep aslinya dan mengganti butter dengan margarine, hasil akhirnya agak sedikit asin dan terlalu berminyak, jadi saya sesuaikan lagi dan hasilnya adalah selai coklat yg tidak bisa berhenti kamu jilati sampai bersih.

Anyway, saya tuliskan resepnya disini tapi lagi-lagi saya suka memakai takaran cup / gelas supaya lebih mudah. Pastikan gelas untuk mengukur bahan-bahannya memakai gelas yg sama.

Bahan-bahan :

1/4 gelas air

1/3 atau 1/2 gelas gula pasir, tergantung selera ya.

2 sendok makan coklat bubuk

1 sendok teh vanili

115 gr coklat batangan, cincang atau simpan dikulkas lalu pukul-pukul dengan batu atau ulekan sampai sebesar kerikil.

50 gr margarin (saya suka margarin putih)

Cara membuat :

1. Siapkan panci kecil. Masukan air,gula dan coklat bubuk, aduk sampai rata.

2. Panaskan dengan api kecil gula larut semua. Angkat.

3. Masukan coklat batangan yg sudah dihancurkan dan margarin, aduk sampai coklat dan margarin larut.

4. Tuangkan kedalam wadah bekas selai sebelum benar-benar dingin, karena setelah dingin selai agak mengeras.

5. Kalau sudah dingin, silahkan dioleskan ke cake, roti, biskuit atau langsung masukan sendok kedalam wadah dan jilat-jilat sampai bersih. Hehehehe..

Foto hasil selai coklat saya itu sebenernya foto sisa-sisa selai yang habis dijilati adik saya. Sekarang sudah habis tak berbekas.  Besok saya update dengan foto yg lebih cantik ya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

