Vegan choco”chips” cookies

Image

My sister is a vegan. Ande she loves sweets. And chocolate.

Saya suka masak, apalagi kalau bikin roti, kue dan cookies.

Susahnya buat adik saya, cemilan kesukaan dia banyak yang tidak bisa dia makan lagi karena pasti mengandung susu, telur atau mentega (butter). Karena saya suka masak, jadilah saya searching sana-sini mencari resep-resep snack yang bisa saya veganisasi alias dibuat tidak memakai telur, susu dan mentega (butter). Akhirnya saya menumukan link rujukan yang saya suka disini yang isinya resep-resep makanan vegan yang simpel dan enak. Beberapa sudahsaya coba dan berhasil karena ada step by step cara membuatnya dan ukurannya gampang diikuti.

Salah satunya vegan chocolate-chips cookie ini. Karena ada bahan-bahan yang susah dicari, saya jadi harus sedikit kreatif mencari alternatif bahan yang lebih mudah dicari,dibeli dan murah. Berikut beberapa bahan alternatif yang saya pakai :

brown flax seed ( mengganti golden flax seed) : bisa dicari ditoko-toko bahan organik. Kebetulan toko bahan roti dan kue langganan saya menjual bahan yang 1 ini (saya belanja keperluan saya di pasar modern BSD). Beli flax seed yang belum digiling karena kalau beli yang sudah digiling gampang busuk dan tidak tahan lama. Menggilingnya sendiri dirumah saya pakai blender untuk menggiling bahan-bahan bumbu kering, walaupun tidak bisa sehalus gilingan pabrik tapi hasilnya tetap bagus untuk pengganti telur seperti diresep asalnya.

margarin putih ( mengganti vegan butter) : sebetulnya memakai margarin biasa juga bisa, tapi saya tidak suka karena kalau untuk pengganti butter untuk butter cream frosting, warna kuning margarine merusak warna pewarna makanan, atau kalau ingin membuat white cake warna cake-nya berubah jadi kekuningan dan kelihatan “gosong”.

coklat masak batangan ( untuk pengganti chocolate chips) : karena kebanyakan chocolate chips yang dijual mengandung susu dan adik saya tidak mengkonsumsi susu yang berasal dari hewan. Coklat batangan saya bekukan dikulkas,lalu saat akan dipakai untuk pengganti chocolate chip, saya pukul-pukul sampai agak hancur memakai ulekan atau pemukul daging.

Dari resep asalnya saya ubah sedikit karena saya pribadi tidak terlalu suka banyak margarine dan cookies yang terlalu manis. Untuk ukurannya saya masih mengikuti ukuran resep asalnya karena menurut saya lebih mudah mengukur bahan dengan ukuran cup (gelas) daripada menimbang setiap bahan dengan timbangan kue. Triknya, ukur semua bahan dengan cup/gelas yang sama. Misalnya kalau saya memutuskan memakai ukuran gelas belimbing, saya ukur semua bahan dengan gelas belimbing yang sama. Atau kalau saya memutuskan mengukur bahan dengan cangkir teh, saya ukur semua bahan dengan cangkir teh yang sama. Untuk ukuran sendok makan dan sendok teh resep aslinya dengan sendok makan dan sendok teh kita memang agak sedikit berbeda, misalnya 1 sendok makan resep aslinya sama dengan 1 1/2 sendok makan kita. Diresep saya ini sudah saya sesuaikan dengan ukuran sendok makan dan sendok teh kita.

Berikut resep (yang saya ubah sedikit dari resep aslinya) vegan choco-chip cookies saya :

Bahan basah 1 :

3 sendok makan brown flax seed giling

4 1/2 sendok makan air

Campur kedua bahan diatas didalam gelas, diamkan 10-15 menit sampai mengental.

Bahan kering :

2 1/4 cup tepung terigu

3/4 sendok teh soda kue

1/2 sendok teh bubuk kayu manis

garam (sedikit saja karena margarine putih atau margarine biasa sudah asin)

Campur semua bahan kering didalam wadah sampai rata, sisihkan.

Bahan basah 2 :

3/4 cup (180gr) + 3 sendok makan margarin

3/4 cup gula pasir

3/4 cup gula merah bubuk / gula kelapa

1 sendok teh vanili + 1 sendok makan air

Campur margarin dan gula menggunakan mixer sampai rata, tidak perlu sampai mengembang. Masukan campuran vanili dan air kedalam campuran margarin+gula. Mixer sebentar sampai rata.

1/4 batang coklat batangan, bekukan dikulkas, hancurkan sampai sebesar kerikil.

Cara membuat :

Nyalakan oven ke suhu 177c atau kalau memakai oven kompor seperti saya nyalakan gas setel keukuran api sedang-kecil.

Siapkan loyang cookies, lapisi dengan kertas kue (saya memakai 2 loyang cookies tetapi itu tergantung seberapa besar anda membuat ukuran cookies-nya)

campur bahan basah 1 dan bahan basah 2, mixer sampai rata.

Masukan bahan kering kedalam bahan basah yang sudah ciampur, aduk menggunakan mixer kecepatan rendah sampai rata. Adonannya akan menjadi liat dan lebih padat jadi kalau tidak bisa rata menggunakan mixer, mulai gunakan tangan untuk mencampur adonan sampai rata.

Masukan serpihan coklat kedalam adonan, lipat kedalam adonan sampai rata. jangan terlalu sering diremas-remas atau diaduk karena margaine dan coklat bisa meleleh terkena panas tangan kita.

Ambil adonan cookies buat bola-bola kecil (adonan saya buat kira-kira sebanyak 2 sendok makan), ratakan sebesar tebal jari telunjuk dan taruh diloyang. Beri jarak 1cm diloyang karena adonan ini akan mengembang saat dipanggang.

Panggang 15-20 menit didalam oven. Karena cookies ini berwarna agak kecoklatan jadi tidak terlihat kalau bagian bawahnya sudah berubah kecoklatan tanda cookies sudah matang, jadi tiap 7-10 menit bisa dilihat sesekali. Putar loyang cookies 10 menit saat memanggang supaya matangnya rata. Kalau menggunakan 2 loyang seperti saya yang diletakan atas-bawah, setengah waktu memasak pindahkan loyang atas kebawah dan sebaliknya supaya matangnya rata.

Setelah matang,keluarkan dari oven, tunggu agak dingin lalu diangin-angin sebentar sebelum dimasukan kedalam toples.

Cookies ini memang hasilnya agak lembek sepeti kue bukan renyah, jadi kalau digigit tidak patah. Jadi jangan khawatir kalau cookies rasanya seperti tidak matang karena masih lembab, padahal sebenarnya cookiesnya sudah matang.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

