Apa isi sampomu?

Pernah baca tulisan di kemasan botol sampo? Berapa banyak kandungan kimia yang tertulis disana yang kamu tahu?

Saya bukan ahli kimia, bahkan jurusan di SMA saya dulu IPS. Tapi banyak tanya, banyak baca jadi banyak tahu,kan? Apalagi jaman sekarang mau cari tahu tentang apapun tinggal tulis di google dan kamu bisa dapat ratusan ribu artikel yang bisa kamu baca.

Saya hanya mau berbagi hasil “googling” dan banyak membaca saya, sebagai informasi saja. Selanjutnya silahkan cari tahu lagi sendiri, lagi-lagi kalau banyak tanya, banyak baca jadi banyak tahu dan sedikit tambahan informasi selalu berguna. Semoga.

Berikut ini saya tuliskan bahan-bahan berbahaya dalam sampo (selengkapnya bisa baca disini atau download artikelnya). Anda juga bisa dari berbagai sumber lain, namun dari beberapa artikel yang saya baca, isinya kurang lebih sama

  1. Sodium Lauryl Sulfate/Sodium Laureth Sulfate (SLS/SLES) : Bahan ini hampir PASTI ada disampo atau sabun cair. ? Karena SLS/SLES ini adalah bahan yang membuat sabun dan sampo berbusa. Sebenarnya berasal dari minyak kelapa, tapi dalam prosesnya ada bahan sampingan bernama 1,4 dioxane yang merupakan bahan penyebab kanker. Yep, cancer in a bottle.
  2. Polysorbates : Bahan pelarut yang digunakan untuk mencapur minyak dan air, juga sering digunakan untuk melarutkan parfum atau minyak aditif lain. Biasanya meninggalkan bekas residu dikulit, merusak keseimbangan pH alami kulit dan melarutkan pelindung lipid alami kita.
  3. Glycol : yang dimaksud disini adalah polyethylene glycol atau biasa ditulis PEG, lagi-lagi bahan ini adalah penyebab kanker.
  4. Amodimethicone : kalau habis keramas dan rambut kita terasa lembut, itu karena bahan ini. Bahan ini adalah polimer berbahan dasar silikon,berguna untuk menyimpan kelembaban rambut tapi juga membuat rambut kita membuat rambut dan kulit kita tidak bisa ‘bernapas’. Kalau kulit kepala kita tidak bisa bernapas, hasilnya rambut kita gampang rontok dan menipiskan rambut dikulit kepala kita.

Selanjutnya dari artikel lain saya menemukan banyak lagi bahan kimia berbahaya di sampo dan sabun yang kita pakai bahkan parfum, pewangi, pengharum  yang membuat sampo dan sabun kita wangi ini ternyata berbahaya,apalagi untuk mereka yang gampang alergi. Berbeda dengan esensial oil yang diambil dari tumbuhan, pengharum dalam sampo dan sabun (biasanya ditulis fragrance) adalah bahan kimia buatan yang dibuat menyerupai aroma tertentu dan baunya menempel lama dirambut dan badan kita. Sebulan setelah memakai soda kue dan cuka apel sebagai pengganti sampo dan kondisioner untuk keramas, bau parfum dari sampo lama saya dulu masih menempel dirambut saya.

Lagi-lagi, saya hanya berbagi informasi, bagaimana kita menyikapinya boleh saja berbeda-beda. Saya memilih melepaskan perawatan tubuh yang saya kenal dulu dengan yang lebih alami karena saya sayang sama tubuh saya. Buat saya sekarang, simplicity is the best. Makanya saya menyebut diri sendiri “saturak” karena semua kebutuhan saya, makanan dan perawatan tubuh, tersimpan di rak yang sama.

 

One thought on “Apa isi sampomu?

  1. Pingback: Sampo Buatan Sendiri | SATURAK

Leave a Reply

